Wakil Bupati Hadiri Pesta Adat Jerieng.

by -468 Views

Wakil bupati Bangka Barat, Markus, S. H, menghadiri pesta adat yang dilakukan oleh suku jerieng di Desa Pelangas, Minggu (17/12). Markus disambut oleh tokoh adat suku jerieng dan camat Simpangteritip dengan didahului oleh tarian adat khas suku jerieng.

Pesta adat suku jerieng ini merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahun, dimana waktu pelaksanaannya ditentukan berdasarkan musyawarah para tokoh adat dari lembaga adat melayu jerieng.

Baca Juga :  Kapolsek Simpang TeritipTertibkan Antrian BBM Di SPBU

Dalam sambutannya, wakil Bupati menghimbau agar masyarakat selalu merawat warisan budaya suku jerieng, dengan mengadakan pesta adat Jerieng setiap tahun.

“Saya harapkan tradisi seperti ini dapat dipertahankan, dikembangkan dan ditingkatkan sebagai bentuk keragaman budaya di bumi sejiran setason.” katanya.

Markus menambahkan bahwa tanggung jawab generasi sekarang untuk selalu menjaga dan melestarikan warisan budaya dan mengambil nilai-nilai kebaikan yang terkandung didalamnya.

Baca Juga :  Warga Ibul Bakar Rumahnya Sendiri

“Tanggung jawab generasi kini untuk mengembangkan, melestarikan, mengamalkan, serta mewariskan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.” tambahnya.

Suku jerieng merupakan salah satu suku yang masih dilestarikan keberadaannya oleh masyarakat Bangka Barat, khususnya di daerah Pelangas, kecamatan Simpang teritip dan sekitarnya. Keberadaan suku jerieng ini menambah kekayaan dan keberagaman suku yang ada di negeri sejiran setason. (rilis bag khp /Muhaimin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *