Germas Menjadi Tanggung Jawab Bersama

by -543 Views

Dalam pertemuan Forum diskusi gerakan masyarakat (Germas) tingkat Kabupaten Bangka Barat, Asisten Pemerintahan dan Sosial, Drs. Muhammad Soleh, M.AP mengatakan bahwa semua pihak memiliki tanggung jawab dan peran dalam mensukseskan program germas.
“Untuk mewujudkan germas hidup sehat diperlukan suatu upaya kampanye gerakan masyarakat hidup sehat dimana menggerakkan seluruh elemen baik dukungan dari sektor pemerintah, penggalangan kemitraan dengan swasta, organisasi kemasyarakatan, serta seluruh elemen masyarakat lainnya melalui penyelenggaraan kemitraan, pemberdayaan masyarakat dan penyebarluasan informasi.” kata Muhammad Soleh saat membacakan sambutan Bupati Bangka Barat, Rabu (6/12) di Pasadena hotel, Muntok.


Germas merupakan suatu rangkaian kegiatan yang sistematis, masif dan berkelanjutan yang diharapkan dapat mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan prefentif hidup sehat guna meningkatkan produktifitas penduduk mengurangi beban masyarakat akibat penyakit. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat secara resmi telah melaunching program germas ini pada bulan agustus lalu di Desa Mancung kecamatan Kelapa. Bupati juga sudah mengeluarkan surat edaran tentang germas bagi seluruh OPD di lingkungan Pemkab Bangka Barat.

Baca Juga :  Sekolah Alam Wisata Pertama Di Babar Diresmikan Bupati.

“Mari bersama kita capai dan tingkatkan derajat kesehatan dengan melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) serta kita ajak seluruh masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Semoga sinergi yang baik antara seluruh masyarakat dan pemerintah dapat dipertahankan dan ditingkatkan menuju Bangka Barat hebat 2021.” Ajak Muhammad Soleh kepada para peserta forum diskusi yang sebagian besar dari praktisi kesehatan di Puskesmas.
Asisten mengharapkan dengan semakin disebarluaskannya informasi germas akan dapat meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi seluruh lapisan masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang optimal, salahsatunya melalui perubahan perilaku yang tidak sehat menjadi sebuah pola perilaku hidup bersih dan sehat. (Rilis Bag. Komunikasi Humas dan Protokol / Muhaimin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *