Berharap Kelestarian Menumbing Terjaga, Bupati Bantu FPM

by -321 Views

MUNTOK – Bupati Bangka Barat Drs H Parhan Ali MM memberi bantuan kepada Forum Peduli Menumbing (FPM). Bantuan diserahkan kepada Ketua FPM Hermansyah di ruang kerja Bupati Rabu (6/9).

Parhan mengaku bangga dengan FPM yang mana merupakan organisasi masyarakat yang peduli dengan bukit Menumbing. Dengan adanya bantuan dana dari dirinya pribadi dan teman-teman agar bisa digunakan FPM dalam kegiatan yang positif dan tentunya bisa menambah semangat dalam menjaga bukit bersejarah bagi Indonesia itu. 

Masih dikatakan Parhan, peran aktif masyarakat sangat diharapkan dalam menjaga kelestarian Menumbing baik dari pelaku penambang timah ilegal maupun ilegal loging. Menumbing merupakan paru-paru kota Muntok, karena itu harus dijaga. Dirinya yakin sekarang masih ada aktifitas penambangan ilegal hal itu dikarenakan air sungai kampung Ulu masih keruh karena mata airnya dari Menumbing.”Kita jaga bersama Menumbing, itu kan aset nasional dan tempat bersejarah,”harap Parhan. 

Baca Juga :  Drh.Saifuddin Zuhri :"Pemusnahan Ini Harus Dilakukan Karena Ditakutkan Membawa Virus HI"

Sementara itu Hermansyah yang didampingi pengurus FPM Jaya Ningrat dan Yanto mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepedulian Bupati. FPM dari sejak dibentuk 2 tahun yang lalu sudah menelusuri hampir semua penjuru bukit Menumbing. Puluhan unit mesin tambang timah ilegal dihancurkan di tempat karena menambang di dalam bukit Menumbing. 

Penambang menurut Hermansyah tidak kalah akal yakni bekerja malam hari dan pihaknya harus patroli malam hari juga. Selain FPM, pihaknya juga mengajak pelajar untuk menjaga Menumbing salah satunya dengan kegiatan mendaki. Sedangkan untuk melestarikan satwa, pihaknya bekerja sama dengan Alobi dan sudah puluhan satwa dilepas di Menumbing.”Tentunya kami ingin Menumbing ini terjaga dari para perusak maupun pemburu satwa,”ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *